Jumat, 28 Oktober 2011

Menjadi Tour Guide Pemula

           Yang paling penting kamu harus kuasai bahan untuk guiding. Baik itu untuk city tour atau objek wisata yang ada di itinerary wisatawan. Karena wisatawan asing umumnya tidak akan bosan mendengar penjelasan dan cerita kita sebanyak apapun. Mereka akan dengan antusias mendengar dan seringkali bertanya.
           Berbeda dengan wisatawan lokal (Indonesia) yang sudah sangat senang diajak ke tempat belanja dan lokasi yang paling baik untuk berfoto ria. Dan banyak yang bosan diceritakan panjang lebar mengenai sejarah suatu tempat. Untuk menghindari rasa canggung, sebelum mulai guidng coba untuk mengajak ngobrol beberapa orang dengan obrolan ringan untuk mengetahui latar belakang para tamu secara sekilas. Ini penting agar kamu tahu betul seperti apa karakter umum tamu-tamu yang kamu bawa.
           Santai aja, guiding itu kan tujuan utamanya bersenang-senang. Setelah membawa dua atau tiga kali tour lama kelamaan kamu akan terbiasa kok. rasa canggung dan tidak percaya diri itu biasa kalau diawal. semoga bermanfaat...!!

Tidak ada komentar:

MENUJU DESA SADAR WISATA: PEMERINTAH DESA LUBUK MENYELENGGARAKAN BIMTEK PENGEMBANGAN PARIWISATA TINGKAT DESA

Oleh: Taufik Hidayat | Analis Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau Pemerintah Desa Lubuk bersama Badan Permusyawara...