Jumat, 28 Oktober 2011

Prosedur Pemesanan Paket Tour

Prosedur Pemesanan Tour
          Dalam melakukan proses pemesanan paket tour, ada beberapa prosedur yang harus dipersiapkan sebelum tour tersebut dimulai,  berikut akan penulis jelaskan secara singkat penjelasan dari bagan di atas:

Sebelum melaksanakan proses tour, ada saatnya para customer untuk memesan paket tour yang diinginkan, ada beberapa macam cara customer untuk melakukan pemesanan seperti, langsung datang ke travel agent, pemesanan melalui telephone, melalui e-mail, melalui fax, bahkan tak jarang juga ada customer yang ingin bertemu langsung dengan pemberi jasa tour. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui secara jelas paket tour apa yang diinginkan, jumlah peserta, serta tanggal tour ingin dilaksanakan.

Selanjutnya melakukan proses customer input, saatnya travel agent untuk menghitung dan memprediksi jumlah seluruh biaya yang harus dikeluarkan oleh customer, seperti menghitung harga tiket, sewa kendaraan, penginapan, guide fee, tiket masuk pertunjukan dan sebagainya secara detail. 

Setelah semua biaya dihitung dengan benar, ada dua kemungkinan proses selanjutnya yang harus dilaksanakan. Pertama, pembayaran DP awal sebesar 50% dari harga total, atau langsung kepada proses tour. Pembayaran DP awal 50% dilakukan jika customer yang kita bawa merupakan orang luar atau umum yang belum sama sekali menjalin kerjasama dengan travel agent yang bersangkutan. Sedangkan untuk orang yang sudah kita kenal seperti pelanggan tetap travel diperbolehkan untuk melaksanakan pembayaran diakhir proses tour. 

Selesai melaksanakan tour yang diharapkan saatnya customer untuk membayar lunas seluruh administrasi yang telah ditetapkan oleh travel agent, usai pelunasan administrasi, barulah travel agent mengeluarkan surat atau bukti pembayaran tanda customer tersebut sudah membayar yang sering disebut dengan kwitansi.
Hak Cipta By: Taufik Hidayat

Tidak ada komentar:

MENUJU DESA SADAR WISATA: PEMERINTAH DESA LUBUK MENYELENGGARAKAN BIMTEK PENGEMBANGAN PARIWISATA TINGKAT DESA

Oleh: Taufik Hidayat | Analis Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau Pemerintah Desa Lubuk bersama Badan Permusyawara...