Senin, 22 April 2013

PANORAMA PIAYU LAUT, SI UJUNG BATAM

Tanjung Piayu ? Ya, sebagian besar penduduk di Batam mengenal Tanjung Piayu sebagai tempat terpencil di ujung Batam. Daerah ini masih memiliki adat dan budaya yang masih kuat, dan kini, masih ada beberapa suku yang menempati daerah tersebut, seperti Suku Batak, Suku Jawa, Suku Minang dan sebagainnya. Tetapi taukah anda sekalian, tempat yang dulunya dianggap sebelah mata, sekarang berubah penampilan menjadi tempat yang sangat indah. Dengan akses yang mudah dilalui sepeda motor bahkan mobil mempermudah anda untuk menjangkau daerah ini. Ada apa aja sih sebenarnya disana ? Pemandangan Hutan Bakau, Anda dapat melihat pemandangan menakjubkan dimana sepanjang penjalanan, anda disuguhi oleh View Hutan Bakau pada sisi kiri dan kanan anda, dengan jalur masih sepi, anda bisa saja berhenti disembarang tempat untuk sekedar mengambil foto.

Hamparan jalan panjang yang kita lewati akan menampilkan si Icon Batam Island alias Jembatan Barelang. sungguh tak disangka ketika penulis mendapatkan informasi kalau di daerah ini dapat melihat Jembatan raksasa itu, dan alhasil, sungguh luar biasa pemandangan cantik Jembatan Barelang yang jarang sekali orang lihat ketika memandangnya dari jauh.

Perkampungan, di Batam memang banyak perkampungan tua, namun yang ini berbeda. Di sini anda bisa memasuki beberapa kampung. Dan pastinya harus meminta izin terlebih dahulu kepada penduduk setempat, seperti, perkampungan Jawa yang mana semua penduduknya berasal dari daerah jawa dan juga Perkampungan Muslim/Islam yang mana seluruh penduduknya merupakan masyarakat muslim, dan jika anda hanya mengetahui pohon kurma hanya dapat tumbuh di tanah arab, jangan heran kalau anda bisa melihat pohon kurma yang tingginya mencapai 2 meter. Ini tidak mengherankan, karena kampung muslim ini di buat sedemikian rupa menjadi perkampungan muslim seperti yang ada di arab, mulai dari suasana, panorama dan juga kebiasaannya.

Pengrajin rumput laut, berbeda sekali kehidupan di kota. Penulis lihat disini adalah penduduk yang bermata pencaharian sebagai pengrajin rumput laut, jika anda berkunjung kesini anda akan melihat banyak sekali rumput laut yang bergelantungan dijemur di bawah sinar matahari. Namun jangan heran kalau tempat ini agak sedikit berbau tidak sedap, Namanya juga pinggir laut. Nah, Penasaran bukan ? tempat ini bisa menjadi alternatif liburan anda yang ingin sekedar berfoto dan mencari angin segar bersama teman-teman terdekat anda. Batam oh Batam, Selalu saja ada yang baru.

         

Tidak ada komentar:

MENUJU DESA SADAR WISATA: PEMERINTAH DESA LUBUK MENYELENGGARAKAN BIMTEK PENGEMBANGAN PARIWISATA TINGKAT DESA

Oleh: Taufik Hidayat | Analis Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau Pemerintah Desa Lubuk bersama Badan Permusyawara...